Merdeka Itu Ketika Semua Berada Dalam Satu Genggaman

Kompasiana.com

Apa arti kemerdekaan di era digital?

Merdeka.. merdeka..merdeka

Merenungi kata merdeka mungkin selalu terlintas dalam benak kita tentang perjuangan para pahlawan dimasa lalu. Namun, sejatinya merdeka itu luas merdeka itu memiliki sejuta makna bukan hanya soal masa lalu tentang bebas dari belenggu. Dari tahun ke tahun perkembangan dunia yang semakin modern membuat setiap negara memerlukan sebuah wawasan baru yaitu berupa teknologi.

Peranan teknologi yang telah mendarah daging dengan kehidupan manusia saat ini semakin membuat setiap orang merasa kecanduan. Bagaimana tidak?, sejak kemunculan alat komunikasi genggam atau yang biasa disebut handphone kini muncul beragam jebolan teknologi yang membuat handphone menjadi alat komunikasi yang serbaguna dan seakan membuat setiap orang pun merasa wajib untuk memilikinya. Dulu handphone hanyalah alat komunikasi biasa yang digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dengan rekan atau saudara yang berada dalam jarak yang jauh misalnya sedang berada di luar kota. Namun, seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat handphone menjadi alat komunikasi yang canggih sehingga kini nama handphone pun berubah menjadi smartphone alias si alat komunikasi yang pintar.

Dengan menawarkan beberapa kemudahan, kini pasar teknologi yang berbasis informasi dan komunikasi itu semakin meluas. Apalagi di dukung dengan adanya internet yang semakin mempercanggih smartphone sehingga bisa di ibaratkan bahwa dunia berada dalam satu genggaman. Yah, dengan alat komunikasi yang pintar maka tak heran jika banyak orang yang selalu merasa penasaran dengan samrtphone yang mereka miliki sehingga terkadang mereka asyik dengan mengotak-atik smartphone mereka.

Semakin lengkapnya fitur aplikasi yang ada dalam smartphone semakin banyak pula peminatnya. Kali ini yang tak kalah seru adalah kemunculan aplikasi sosial media dalam smartphone. Munculnya aplikasi-aplikasi sosial media membuat setiap orang kepincut dengan keunikan-keunikan yang ada dalam aplikasi tersebut. Contoh beberapa aplikasi yang sekarang sedang menjadi trending adalah Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dll.  Betul saja, di era digital seperti sekarang ini pasti setiap orang tak mau ketinggalan informasi sehingga dengan memiliki smarthphone mereka lebih bisa menambah wawasan.

Jika dulu membaca berita itu hanya bisa kita dapatkan melalu surat kabar atau koran kini segala informasi apapun bisa kita dapatkan dengan adanya smartphone. Nah, semakin canggih bukan. Tidak hanya sampai disitu bahkan sekarang sudah tersedia aplikasi-aplikasi yang menyediakan fitur lengkap seperti transportasi online atau aplikasi yang menyediakan informasi tentang tiket pesawat ataupun tempat penginapan bahkan ada aplikasi jual beli online juga loh dan pastinya masih banyak lagi. 

Jadi pada intinya merdeka bukan selalu tentang bebas dari belenggu para penjajah namun, ada sejuta makna merdeka yang dapat kita implikasikan dalam kehidupan nyata ini. Misalnya merdeka dalam dunia teknologi dan bagi saya arti kemerdekaan di era digital adalah ketika semua menyatu dan berada dalam satu genggaman . Karena dengan kecanggihan teknologi masa kini, kita dapat menjangkau bahkan mengetahui informasi apa saja yang ada dan terjadi di luar sana. Terima kasih telah membaca artikel terbaru saya kali ini yaitu Merdeka Itu Ketika Semua Berada Dalam Satu Genggaman dan artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru.

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming