Penipuan Dengan Modus E-cash Mandiri


       Penipuan dengan modus mandiri e-cash memang marak terjadi akhir-akhir ini, termasuk saya sendiri korbannya dan kali ini saya akan berbagi cerita ke agan agan supaya lebih hati-hati dalam bisnis kepercayaan.


     Pada awalnya saya berniat menjual Camera action koleksi saya ke sebuah Toko Online nah baru saya posting kurang dari  3 jam ada yang chat saya via Whatssapp dan modusnya adalah menanyakan kelengkapan produk yang saya jual.


     
 Pelaku :''iklan camera di olx ???.''
 Saya    : '' betul mas .''

  Pelaku :'' posisi dimana??

                 bisa dikirim nggak??.''
   Saya   : ''Bisa mas.''

      Nah, pada saat itu saya mulai curiga karena pelaku langsung Deal dengan harga yang saya tentukan ditambah lagi dengan dia mengatakan akan langsung di transfer. Setelah pelaku mengirimkan bukti transfer via Whatssapp saya makin curiga dengan bukti yang dikirimkan kenapa berupa mandiri e-cash dan kenapa bukan langsung ke ATM saya.

 Pelaku :''mas bukti transfer sudah saya kirim tolong mas ke ATM man**ri ya nanti saya kasih tau 
               cara pencairan dananya.''
 
       Untungnya saya punya Kartu ATM yang lain jadi sebelum saya menuruti perintah si pelaku saya transfer semua uang yang ada di ATM saya yang satunya dan hanya tersisa saldo Rp167.000,- .
Begitu saya sampai di ATM man**ri saya langsung di telfon sama si pelaku dan di arahkan untuk meng top up dana yang telah di transfer, awalnya saya disuruh pilih menu di ATM opsi English masukin PIN dan ke menu Electronic money kemudian e-cash.

Pelaku :''mas maaf bisa di beritahukan saldo mas saat ini biar kita sama-sama tahu saldo yang
               sebelum di trasfer dan sesudah di transfer apakah berhasil.''
Saya   : ''loh buat apa mas kan nanti kalau sudah masuk kelihatan berhasil apa tidaknya.''

Pelaku : '' maaf mas bukanya saya pengen tau tapi tolonglah kerja samannya, nanti saya bantu untuk masukin kode OTP nya.''

     
         Okelah saya tau maksud penipuan ini karena saya dulu juga pernah pengalaman dengan modus yang sama pula hahaha......yaudah itung-itung buat sedekah aja deh. gimana enggak orang jelas kelihatan kalau transaksi berhasil dan uang saya sudah ke potong Rp107.000 masih bilang kalau transaksi gagal dan harus ada saldo minimal Rp500.000,-.

      Saran saya buat agan-agan nih yang suka bisnis online hati-hati aja biar nggak kena modus penipuan yang menggunakan e-cash sebagai salah satu alat transaksi, lagian karma itu pasti ada dan semoga cepat sadar bagi pelaku-pelaku yang masih tergiur dengan duniawi dengan memanfaatkan saudara sendiri.

     Sekian dari saya gan semoga bermanfaat informasi yang saya share ini. Terima kasih.






     

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming