Melatih Mental Agar Tampil Percaya Diri


Melatih mental agar percaya diri-  Pernahkah Anda merasa gemetar atau deg-degan saat melakukan presentase di kantor ?? berbicara tersendat-sendat seperti layaknya orang yang sedang terburu-buru, atau merasa minder saat bertemu orang penting??. Itu tandanya Anda memiliki mental dan rasa percaya diri yang kurang.

 Banyak orang yang mencari cara, tips atau solusi yang tepat dan dianggap memiliki kesamaan dengan diri mereka agar bisa memiliki mental dan kepercayaan diri yang kuat. Namun hal itu sulit ditemukan, karena pada kenyataanya banyak cara yang dilakukan setiap orang dan cara yang digunakan pun berbeda - beda karena setiap orang memiliki permasalahan tersendiri sebab dan musabab mengapa seseorang tersebut susah atau sulit untuk memiliki kepercaya diri yang kuat.

Memiliki mental yang kuat adalah hal yang penting dan harus ada pada setiap orang, karena mental merupakan bentuk kepribadian yang kuat dari seseorang dalam memperlihatkan segala kemampuannya. Mental pada diri manusia memiliki semua dari unsur jiwa yang meliputi emosi, pikiran, sikap, perasaan dan segala bentuk perbuatan yang dimiliknya. Ketika seseorang memiliki mental yang kuat dan baik, maka dia akan memiliki kualitas hidup yang baik.

Sedangkan rasa percaya diri merupakan suatu bentuk keyakinan akan kemampuan yang dimilikinya sendiri tanpa adanya rasa takut, khawatir, maupun jenis tekanan perasaan lainnya. Coba Anda bayangkan, ketika Anda memiliki mental yang kuat dan rasa percaya diri yang baik, maka Anda akan memiliki energi atau semangat tersendiri dalam mewujudkan impian dan cita-cita Anda dengan baik.

Tidak semua orang bisa memiliki mental yang kuat dan rasa percaya diri yang baik. Bahkan, hampir setiap orang didunia ini pernah mengalami rendah diri atau merasa tidak percaya diri dan mengalami tekanan-tekanan perasaan seperti gelisah, grogi, minder dan lainnya. Hal yang wajar ketika Anda mengalami mental blok atau tekanan perasaan adalah ketika Anda melakukan sesuatu hal untuk pertama kali. Yang menjadi tidak wajar adalah ketika Anda merasakan berbagai macam tekanan perasaan atau mental Anda merasa selalu lemah padahal tidak ada penyebab yang pasti. Atau Anda memiliki berbagai macam bakat, skill atau kemampuan serta berwawasan tinggi tetapi, merasa minder, takut untuk melakukan hal yang mudah bagi Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri :
  • Semua Orang Memiliki Kedudukan Yang Sama di Hadapan Tuhan
Pikirkanlah baik-baik bahwa setiap orang diciptakan dan memiliki kedudukan yang sama di hadapan Tuhan, untuk apa kita takut dan merasa minder dengan mereka jika kita terlihat sama di hadapan Tuhan. Karena kita diciptakan dengan kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.
  • Jadilah Diri Sendiri
Menjadi diri sendiri adalah cara yang terbaik agar Anda bisa menunjukan bakat dan potensi yang ada pada diri Anda. Jangan pernah mencoba untuk meniru orang lain jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk meniru.
  • Membiasakan Melatih Mental 
Ada beberapa cara untuk melatih mental salah satunya adalah ketika Anda sedang berdiskusi atau rapat, usahakanlah agar Anda bisa mengutarakan pendapat tujuannya dalah untuk melatih kebiasaan Anda dalam berbicara dihadapan orang banyak.
  • Jangan Pernah Takut Untuk Mencoba
Dalam mewujudkan apa yang kita inginkan pastilah diawali dengan niatan yang kuat, penuh rasa percaya diri yang tinggi dan semua itu kita satukan dalam tekad. Contohnya:  Jika seseoarang ingin mempunyai suatu usaha, akan tetapi dia sudah berpikir pesimis atau takut rugi, padahal belum dicoba, tapi sudah berpikiran yang tidak-tidak.
  • Menggali Kemampuan Yang Ada Dalam Diri
Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, akan tetapi setiap orang dapat menggali potensi atau dengan mencoba segala sesuatu yang sekiranya dia ahli dalam bidang tersebut.
  • Kenali Rasa Ketidaknyamanan Yang Anda Rasakan Saat ini dan Buanglah Rasa Yang Membuat Anda tidak Nyaman itu.
Setiap ingin melakukan sesuatu yang dimana kita selalu minder untuk melakukanya itu berarti terdapat rasa yang membuat kita tidak nyaman untuk melakukanya, maka segeralah buang rasa yang membuat Anda tidak nyaman itu.   
  •  Melakukan Sesuatu Secara Bertahap
Banyak strategi yang bisa kita terapkan untuk meraih percaya diri, Salah satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan aktivitas yang dimana Anda merasa kurang percaya diri dalam melakukannya, tetapkan tolak ukur keberhasilan dari aktivitas tersebut, tetapkan target , dan terus lakukan sampai Anda bisa mencapai semua keberhasilan.
  • Jangan Diam di Tempat
Tidak mencoba untuk diam di tempat, karena tindakan yang Anda lakukan merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi percaya diri Anda yang lemah.
  • Selalu Berpikir Positif
Dan yang terakhir adalah selalu berpikir positif dan selalu optimis dengan apa yang kita lakukan, maka akan tertanam dalam diri kita rasa percaya diri yang kuat akan keberhasilan.
Dari beberapa hal yang kita bahas kali ini merupakan solusi terbaik untuk menumbuhkan rasa percaya diri Anda. Walaupun tidak segampang membalikan telapak tangan, namun jika sesuatu belum dicoba terlebih dahulu darimana kita akan tau hasilnya,, bisa saja anggapan negatif yang selama ini ada dalam bayangan kita menjadi berbalik positif. Sekian dari saya semoga bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih....

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming