Mengubah Waktu Luang Menjadi Uang


Dalam kehidupan ini kita memiliki waktu 24 jam setiap hari dengan perincian 8 jam untuk beristirahat (tidur)  dan 8 jam untuk bekerja. Nah, dari 24 jam waktu yang kita miliki setiap hari ternyata masih ada sisa 8 jam waktu luang. Lalu, kita apakan sisa waktu luang tersebut??
Oke mungkin sebagian dari kita ada yang memanfaatkannya untuk bersantai, ada yang memanfaatkannya untuk traveling dan ada pula yang menghabiskan waktu luang tersebut dengan berkumpul bersama keluarga.
Namun, taukah kalian mungkin tak sedikit juga dari kebanyakan orang selalu ingin memanfaatkan waktu luang mereka agar bisa menghasilkan uang sehingga selalu tertanam dalam pikiran mereka semacam pertanyaan seperti bagaimana, dengan apa, mulai dari mana dan bisnis apa yang tidak terikat waktu tetapi dapat menghasilkan uang sebagai tambahan atau bisa dijadikan pekerjaan sampingan.

Tanpa menguras banyak waktu sebenarnya ada banyak sekali kegiatan sederhana yang dapat berubah menjadi bisnis yang besar dan menghasilkan uang tambahan. Salah satu contoh kegiatan yang akan berubah menjadi bisnis besar adalah Bisnis Online. Yah, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan secara online atau melalui internet, sehubung banyaknya pengguna internet lama kelamaan bisnis online menjadi bisnis trend yang diminati banyak kalangan. Selain tidak terikat waktu bisnis online bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin memiliki pekerjaan sampingan baik mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Mungkin kita sering melihat dimana sekarang sebuah bisnis offline yang kemudian dipasarkan secara online dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan ataupun membuat brand menjadi lebih terkenal. Hal ini menunjukan bahwa bisnis online memang mempunyai prospek yang sangat bagus dalam jangka panjang.

Menjalankan bisnis online sejatinya tidak semudah yang kita bayangkan selain harus memahami detail tentang produk yang akan kita pasarkan tentu kita harus memiliki target pemasaran agar produk yang akan kita jual benar-benar tepat sasaran. Untuk melihat riset pasar di internet kita bisa memanfaatkan Google Trends yang merupakan salah satu tools persembahan dari google. Berikut adalah video tutorial cara menggunakan google trends untuk riset pasar di internet yang saya ambil dari youtube :



 Nah, sebelum kita memulai untuk terjun ke dunia bisnis online alangkah baiknya kita memperhatikan beberapa tips berikut ini :
  • Yang pertama adalah mulai dari hobi atau hal yang kita sukai karena ini merupakan modal berharga sebelum memulai bisnis online.
  • Yang kedua pilih bisnis yang kita sukai atau cocok dengan passion kita karena bisnis online terbagi menjadi 2 kategori yaitu menjual produk sendiri atau memilih menjual produk orang lain.
  • Yang ketiga manfaatkan sosial media untuk memasarkan produk kita karena sosial media memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga mampu membuat brand kita menjadi lebih cepat terkenal.
  • Yang keempat sebelum memasarkan produk alangkah baiknya kita memahami dasar-dasar bisnis online terlebih dahulu, karena banyak orang yang gagal menjalankan bisnis online akibat terlalu terburu-buru memasarkan produknya tanpa mempelajari teknik menjual dalam melakukan bisnis online.
  • Yang kelima adalah fokus dan sabar, ketika sedang menjalankan suatu pekerjaan kita dituntut untuk selalu fokus tujuanya agar kita benar-benar mendapatkan penghasilan. Nah, begitu juga dengan bisnis online jika kita telah memilih salah satu dari 2 kategori bisnis online tadi maka hal yang perlu kita lakukan hanyalah fokus untuk menjual produk sampai benar-benar terjual.
Dengan memperhatikan tips diatas artinya kita menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan bisnis online. Maraknya pengguna internet yang semakin tahun mengalami peningkatan sangat pesat mampu kita manfaatkan untuk ikut atau bergabung dalam dunia bisnis online, apalagi dalam setahun terkahir banyak sekali bermunculan bisnis online - bisnis online yang membutuhkan tenaga pemasar mungkin ini cocok untuk mengisi waktu luang kita agar menghasilkan uang atau bisa kita jadikan pekerjaan sampingan.

    Comments

    Popular posts from this blog

    BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

    Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

    Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming