Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Dunia Bisnis



Di era modern seperti sekarang ini peranan teknologi informasi seolah tak bisa kita hindari, bahkan bisa dibilang mendarah daging dengan kehidupan manusia saat ini. Teknologi informasi menjadi aspek penting penunjang proses berjalanya suatu bisnis dalam perusahaan baik ekonomi maupun perbankan, oleh sebab itu tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi informasi menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis.
Sejak dahulu teknologi informasi telah digunakan oleh banyak perusahaan sebagai salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan demi meningkatkan kualitas layanan terhadap bisnis yang mereka kelola.

Sering kali kita mendengar kata E-Commerce dalam dunia bisnis. E-Commerce sendiri merupakan perdagangan yang dilakukan menggunakan jaringan internet selain itu, e-commerce adalah bagian dari e-bussines yang dimana e-bussines memiliki cakupan lebih luas tidak hanya sekedar perniagaan namun juga mencakup pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah dll. Dalam mekanismenya sendiri e-commerce tidak hanya memerlukan teknologi jaringan internet saja akan tetapi e-commerce juga membutuhkan teknologi seperti kumpulan data atau yang biasa disebut databases, surat elektronik atau e-mail dan teknologi non komputer seperti pengiriman barang serta alat pembayaran.

Dalam beberapa tahun ini kita sering mendengar istilah bisnis online. Bisnis online sendiri merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online/melalui internet. Hal itu terjadi karena semakin canggihnya teknologi informasi membuat para pengusaha memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan bisnis online. Biasanya aktivitas dalam bisnis online meliputi jual beli barang, menyediakan jasa secara online dan masih banyak lagi lainya. Menjalankan bisnis online memang menyenangkan selain memberikan kemudahan, bisnis online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan selalu terhubung dengan koneksi internet.

Beberapa kelebihan bisnis online yang kita dapatkan diantara ialah tidak terikat waktu, biaya yang murah, tidak terikat lembaga, tidak membutuhkan banyak tenaga, transaksi yang cepat, segala hal bisa diuangkan dll. Itu adalah beberapa manfaat atau kelebihan yang kita dapatkan dari bisnis online tetapi bukan berarti bisnis online tidak mempunyai kekurangan justru yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah maraknya penipuan online yang berkedok iming-iming cepat kaya atau sejenisnya, selain itu meskipun telah ditetapkan undang-undang tentang ITE yang melindungi konsumen namun tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali berakhir pada pengadilan, karena mungkin tidak cukup bukti atau alasan lain pun si korban juga enggan melapor ke polisi.

Kini banyak sekali perusahaan yang telah menerapkan bisnis secara online sehingga menciptakan daya saing yang kuat salah satu contohnya sekarang adalah banyak sekali perusahaan penyedia angkutan transportasi online dan online shop yang dimana masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Buktinya sekarang banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa transportasi online karena dinilai lebih gampang dan kita tidak perlu lagi ke terminal atau ke pangkalan untuk mencari angkutan akan tetapi cukup kita order via aplikasi dari penyedia jasa online tersebut. Sama juga dengan online shop, seperti yang kita ketahui bahwa online shop memiliki banyak sekali produk-produk yang ditawarkan bahkan bisa dibilang lebih murah dan lengkap ketimbang harga dipasaran. Selain itu kemudahan lain yang kita dapatkan ialah cara bertransaksi karena cukup dengan transfer kita sudah bisa mendapatkan barang yang kita inginkan, ada pula perusahaan online shop yang memberikan kemudahan lainya kepada pembeli dengan menyediakan jasa COD atau Cash On Delivery artinya pembayaran dapat dilakukan apabila pesanan telah sampai dan diterima oleh si pembeli.

Bisnis online memiliki prospek yang cukup besar pada saat ini dan dimasa mendatang karena hampir semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam hal memenuhi kebutuhan, sementara itu praktis adalah salah satu ciri khas dari bisnis online dimana transaksi suatu bisnis dapat dilakukan tanpa bertatap muka bahkan tidak saling kenal sebelumnya. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh bisnis online membuat banyak orang ingin mendirikan dan membangun bisnis online sendiri, oleh sebab itu tidak di pungkiri banyak sekali orang yang meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis online, akan tetapi tidak sedikit pula yang berhenti ditengah jalan sebelum berhasil dalam menjalankan bisnis online tersebut.










Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming