Batas Waktu Sholat Dhuha



Pernahkah dalam hati kecilmu menanyakan tentang "kapan waktu yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat dhuha ? dan kapankah waktu yang dilarang untuk mengerjakanya ?."  Memang tidak sedikit orang yang mempertanyakan hal tersebut karena hal ini juga pernah terjadi kepada diri saya sendiri 😅
sampai saya harus kesana kemari bertanya kepada setiap orang yang saya temui dan Alhamdulillah akhirnya usaha saya tidak sia-sia. Pada kesempatan kali ini ijinkan saya untuk sedikit membahas tentang waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat dhuha dan batas waktu yang dilarang untuk mengerjakanya.

Sholat dhuha sejatinya merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Namun, taukah kamu saking semangatnya terkadang ada sebagian orang yang lupa bahkan tidak tahu bahwa sebetulnya ada waktu-waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat sunnah di pagi hari itu.

Rasululloh bersabda : "Sholatnya orang-orang yang kembali kepada Alloh adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari." (HR.Muslim)

Dari Hadist di atas dapat kita simpulkan bahwa waktu terbaik untuk mengerjakan sholat dhuha adalah ketika pada waktu matahari sudah mulai panas yakni tepatnya pukul 8 pagi hingga pukul 11 siang. Sedangkan waktu yang dilarang atau diharamkan untuk mengerjakan sholat dhuha ada 2 waktu yakni:
  • Yang pertama adalah sesudah sholat shubuh hingga matahari bersinar atau kurang lebih jam 6 hingga jam 7.45 pagi.
  • Sedangkan yang kedua adalah waktu mulai masuk dzuhur sekitar pukul 11.30 siang hingga tergelincir matahari yakni pukul 12.00 siang.
 Sesuai sabda Rasululloh: "Matahari terbit dengan diikuti setan. Pada waktu mulai terbit, matahari berada dekat dengan setan, dan ketika telah mulai meninggi berpisah darinya. Pada waktu matahari tepat berada di tengah-tengah langit, ia akan kembali dekat dengan setan, dan ketika telah zawal (condong ke arah barat) ia berpisah darinya. Pada waktu hampir terbenam, ia dekat dengan setan, dan setelah terbenam ia berpisah lagi darinya." (HR.Nasa'i)

Itulah batas waktu yang diharamkan untuk mengerjakan sholat dhuha. Jadi jangan sampai kita melakukan sholat sunnah dhuha di waktu yang diharamkan karena bukan pahala yang kita dapatkan melainkan dosa.

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming