Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan


Air kelapa merupakan salah satu minuman favorit bagi setiap orang termasuk di Indonesia. Selain menyegarkan ternyata air kelapa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman kelapa yang mudah kita temui ini kian populer karena secara keseluruhan baik air maupun isi kelapa dapat kita manfaatkan semuanya.


Pada umumnya air kelapa di konsumsi hanya untuk mencegah dehidrasi saja padahal, air kelapa sangat bagus untuk kesehatan asalkan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Selain segar, air kelapa memiliki rasa agak manis dan sedikit tajam di lidah. Nah, perlu kita ketahui itu semua terjadi karena didalam air kelapa terdapat kandungan gula dan elektrolit. Elektrolit inilah yang berperan penting dalam mengatur volume darah, kesehatan jantung, mengembalikan ion tubuh serta mencegah dehidrasi. Selain itu kadar elektrolit yang terjaga di dalam tubuh dapat membantu mengurangi lelah, stres dan membantu merelaksasi otot tubuh. Maka dari itulah air kelapa sangat identik dengan minuman isotonik atau yang berhubungan dengan olahraga.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh diantaranya ialah :
  • Menghilangkan Dehidrasi
       Dehidrasi terjadi karena menurunya kadar air didalam tubuh yang disebabkan oleh cuaca panas, diare dll. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang tinggi dan berfungsi mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Air kelapa juga mengandung karbohidrat yang dapat membantu meningkatkan energi kita. Untuk itulah mengapa sekarang banyak sekali minuman-minuman isotonik berbahan dasar air kelapa yang bermunculan karena memang air kelapa sangat membantu menjaga keseimbangan ion dalam tubuh.
  • Menurunkan Tekanan Darah
      Beberapa penelitian menyatakan bahwa air kelapa juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.  Hal ini terjadi karena kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa berfungsi menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek negatif dari sodium.
  • Memperlambat Penuaan
       Kandungan sitokinin dan asam laurat pada air kelapa memiliki efek anti penuaan pada sel-sel jaringan kulit. Sehinggan dua elemen ini memiliki peran signifikan terhadap anti penuaan dini, anti karsinogenik dan anti trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit serta menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.
  • Mengontrol Diabetes
       Manfaat air kelapa selanjutnya yaitu mengontrol diabetes. Nah, apabila air kelapa dikonsumsi secara teratur, maka air kelapa ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang dapat mengecil akibat pembentukan plak dan membantu darah mengalir secara lancar sehingga akan mengurangi diabetes.  Air kelapa juga dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.
  • Menurunkan Berat Badan
       Banyak orang mengatakan bahwa mengkonsumsi air kelapa merupakan salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, air kelapa juga mengandung enzim bioaktif yang membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme lemak dan cara ini merupakan salah satu yang paling recomended, Bagaimana membuktikanya ? Oke cobalah anda minum air kelapa maka perut akan terasa seperti terisi full . Itu karena  air kelapa sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu menunda rasa lapar. Akan tetapi jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun badan karena apabila terlalu meminum air kelapa berlebihan dapat menyebabkan diare, minumlah seperlunya saja secara teratur.
  • Membantu Merawat Kulit
       Jika anda memiliki kulit yang sensitif atau yang rentan terhadap jamur dan bakteri sehingga sering muncul jerawat atau ruam pada kulit maka air kelapa dapat membantu mencegah dan mengobati masalah tersebut karena air kelapa memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiparasit.
Sementara itu untuk mengobati jerawat pada wajah maka oleskan air kelapa pada wajah anda dan biarkan semalaman.
  • Diuretik Alami
      Air kelapa juga berfungsi sebagai diuretik alami yaitu dengan cara melancarkan urine dan membersihkan racun dari tubuh. Selain itu juga dapat membantu mencegah masalah seperti infeksi saluran kemih. Tingginya kandungan kalium yang ada pada air kelapa membantu mengalkali urine dan melarutkan beberapa jenis batu ginjal keluar dari tubuh.  Bagi anda yang memiliki fungsi ginjal kurang baik tidak disarankan untuk meminum air kelapa.

Air kelapa memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, namun bukan berarti tidak memiliki efek samping. Untuk itu minumlah secara teratur jangan terlalu berlebihan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming