Arti Penting Sebuah Domain

             
              Ketika kita membuka sebuah website tentu tidak akan asing dengan yang namanya domain. Apasih domain itu sebenarnya dan apa sih fungsinya ??. Yah, sebuah pertanyaan yang hampir semua orang mempertanyakannnya sewaktu masih baru mengenal website. Bahkan saya sendiri pernah bertanya tanya tentang apa arti domain beserta fungsinya.

Pada artikel kali ini kita akan sejenak membahas tentang arti dan fungsi dari domain. Seberapa pentingkah kira-kira ?? oke langsung saja ya gan..
Domain sebenarnya adalah nama alamat atau URL  sebuah website yang biasanya kita buat dengan akhiran .com , .co.id , .net dll. Secara singkat domain memiliki aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya agar  memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Sebagai contoh adalah nama kohafoek.com , kohafoek adalah nama website yang akan kamu tuju sementara .com adalah ekstensi domain.

Bagi kamu yang ingin  membuat sebuah website alangkah baiknya jika kamu belajar lebih dalam lagi tentang domain hingga  jenis-jenis domain yang paling banyak digunakan. Domain sendiri terbagi menjadi 3 kategori yakni : Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain.


  • Top Level Domain (TLD)
Seperti yang telah saya sampaikan bahwa top level domain atau TLD adalah ekstensi domain yang kita pilih di belakang nama website seperti .com, .net dll. Ada berbagai alasan mengapa tld menjadi banyak pilihan orang salah satunya ialah lebih mudah diingat dan lebih umum. Ada banyak sekali website yang menyediakan top level domain yang nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya . 

  • Second Level Domain (SLD)
Sld adalah nama domain atau nama website yang kamu daftarkan. Sebagai contoh kohafoek.com , nah "kohafoek" inilah yang disebut second level domain atau SLD.

  • Third Level Domain 
Third level domain atau yang seringkali disebut subdomain ini letaknya berada di URL tepatnya paling depan sendiri. Misalnya www.kohafoek.com, "www" inilah yang disebut dengan third level domain. 


Semoga artikel ini bermanfaat  ya .....

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming