5 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Ikan Cupang


Ikan cupang atau yang lebih terkenal dengan sebutan Betta merupakan salah satu ikan yang mudah untuk dipelihara, ikan yang satu ini memang tidaklah rewel seperti ikan lain yang harus ditempatkan di wadah khusus dan bergantung dengan filter oksigen agar tetap bisa hidup. Ikan cupang sendiri merupakan jenis ikan yang berhabitat di air tawar dan tersebar di beberapa Negara ASEAN seperti di Indonesia contohnya.

Saat ini ikan cupang sedang di gandrungi banyak orang, mulai dari kaum millenial hingga orang dewasa. Keindahan pada ikan ini menjadikannya primadona yang berharga mahal. Dikalangan pecinta betta/cupang ini terbagi 3 (tiga) golongan yakni cupang hias, cupang liar, dan cupang aduan. Nah, diantara ketiganya cupang hiaslah yang saat ini paling banyak di cari. Kita bisa cek di sosial media mulai dari facebook hingga youtube banyak sekali yang mereview atau melelang ikan cupang. 

" Apa sih makanan ikan cupang ? "

Bicara soal makanan tentu kita tau lah kalau sekarang ini banyak sekali toko - toko yang menjual pakan ikan dari jenis ikan apapun. Namun saya pribadi menyarankan agar sebaiknya diberikan makanan yang alami yang gunanya adalah menjaga gizi dan pertumbuhannya supaya tetap sehat selain itu mengkonsumsi makanan alami warna cupang akan terlihat cerah dan indah . Makanan yang alami sebetulnya juga mudah untuk kita dapatkan. Untuk itu pada artikel kali ini saya akan share 5 jenis makanan yang baik untuk ikan cupang dan diantaranya ialah : 

  • Jentik Nyamuk


          

Jentik nyamuk adalah salah satu makanan ikan cupang pada umunya karena jentik nyamuk mengandung protein yang cocok untuk cupang kecil yang masih dalam proses pertumbuhan. Makanan cupang yang satu ini juga sangat mudah didapat caranya adalah sediakan toples bekas atau ember dan isikan air setelah itu tempatkan di tempat yang gelap dan terbuka, tunggu hingga beberapa hari dan cek apakah jentik nyamuk sudah ada. Jika anda malas pakan ikan ini juga bisa kita beli di pasar ikan dengan harga yang terjangkau.

  • Kutu Air
         

Makanan alami lainnya ada kutu air, Yah bisa dibilang kutu air merupakan salah satu makanan favorite anak cupang kandungan nutrisi dari kutu air ini sangat baik untuk menjaga daya tahan cupang serta mempercantik warna cupang.
  • Cacing Sutra

          


Selanjutnya ada cacing sutra, selain mudah di cari cacing sutra juga menjadi opsi bagi kita pecinta betta fish untuk dijadikan pakan ikan . Pasalnya cacing sutra juga mengandung protein yang tinggi dan disukai cupang. Untuk mendapatkannya kalian bisa cari di sekitaran sungai dan sawah-sawah.

  • Artemia
         

Artemia merupakan sejenis udang kecil yang berasal dari laut sebelum diberikan ke cupang lebih baik di cuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kadar garamnya. Biasanya artemia digunakan sebagai alternatif pengganti kutu air. Untuk mendapatkannya sangat mudah karena sekarang ini sudah tersedia di beberapa toko online.
  • Cacing darah
         

Terakhir ada cacing darah. Yah cacing darah memang sudah terkenal dikalangan pecinta ikan terutama pecinta ikan hias. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam cacing darah dapat membantu pertumbuhan ikan dengan baik selain itu juga mencerahkan warna ikan cupang. Kita juga bisa membudidayakan cacing darah dengan membeli bibitnya. 

Itulah 5 Jenis makanan yang baik untuk ikan cupang rekomendasi mimin. Seperti yang saya tulis di masing-masing deskripsi bahwa semua memiliki keunggulan sendiri-sendiri jadi kalian bisa pilih mana yang cocok untuk ikan cupang yang kalian pelihara. Selain bisa budidaya kita juga bisa beli di toko online atau pasar ikan. Terima kasih sudah membaca artikel ini tunggu update selanjutnya...

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming