5 Sebab Terjadinya Insecure

Gaess,,, beberapa waktu lalu kalimat insecure tiba-tiba trending di twitter dan ini udah 2020 cuy saya sebagai seorang penggiat medsos bisa kudet dan gatau apa itu insecure  . Okelah biar ga dibilang ketinggalan jaman akhirnya browsing ke Google dan sempat kaget sih diantara beberapa tanda ketika kita insecure itu pernah saya alami. Salah satu momen yang masih saya ingat dan mungkin pernah kejadian juga sama kalian adalah hal ini :

pernah ga sih pas kita dateng ke suatu tempat di caffe misalnya terus diliatin banyak orang..pasti kita langsung merasa aneh dan dalam hati pasti bertanya-tanya " eh, aku kenapa sih ? ada yang salah ya ? atau bajuku ga cocok atau kenapa sih  " sampai setelah itu tiba-tiba kita hilang mood dan ga percaya diri gitu. 

Sebenarnya merasa insecure itu wajar kok tapi jika berlebihan itu tidak baik karena akan menggangu kesehatan mental kita. Eh, insecure apaan sih dari tadi ngomongin insecure terus tapi belum dikasih penjelasan xixixixi.... Oke oke admin jelasin... Jadi gaess Insecure adalah sebutan atau istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman/tidak nyaman sehingga membuat kita merasa gelisah, malu, takut hingga kehilangan percaya diri. Itu sebabnya kenapa saya bilang insecure yang berlebihan sangat tidak baik karena bisa berakibat fatal. 

Lalu apa penyebabnya ?

Penyebab insecure sendiri dibagi dua yakni bisa berasal dari luar dan dalam, namun biasanya yang sering terjadi ini lebih mengacu pada kepribadian setiap orang. Contoh penyebab dari luar ialah perlakuan cara pandang ( seseorang yang memandang kita sebelah mata ) atau perlakuan overprotective dari orang tua maupun pasangan, sementara penyebab dari dalam ialah karena perasaan yang merasa kesepian berlarut-larut hingga sifat perfeksionis. Untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas 5 sebab terjadinya insecure dan cara mengatasinya , bukan hanya itu saja tapi saya juga akan share tanda-tanda jika kita sedang mengalami insecure.

5 Sebab terjadinya Insecure

  • Korban Bullying

Yang pertama adalah korban bullying. Pada umumnya bullying terjadi pada anak-anak hingga remaja, mungkin tanpa disadari kita dulu juga pernah menjadi sasaran bully karena berbagai alasan seperti cara berpakaian, tempat tinggal, cara mereka melihat dan perbedaan ras, etnis atau agama. Nah, korban bullying biasanya akan mudah merasa takut dan jika ini terjadi maka dalam jangka panjang si korban akan kesulitan dalam menjalani hubungan dengan siapapun, hal itulah yang memicu terjadinya perasaan insecure. Bahkan saat ini di era media sosial bully kian marak hingga menyebabkan korban sampai bunuh diri. 
  • Sifat Yang Terlalu Perfeksionis
Sifat perfeksionis adalah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non materi. Nah biar saya jelaskan detailnya ya, karena sifat perfeksionis ini kerap kali menyulitkan kita untuk beradaptasi dengan seseorang maupun lingkungan. Mungkin tanpa sadar kita pernah memikirkan sesuatu yang dimana sesuatu tersebut harus terlihat sempurna dan harus sesuai dengan pemikiran kita contohnya pekerjaan yang terbaik, rumah yang megah nan indah hingga pasangan yang ideal. Namun yang namanya hidup bukanlah seperti sinetron yang semuanya bisa kita atur endingnya dan hidup tidak selalu menjadi seperti apa yang kita inginkan, walaupun kita sudah bekerja keras untuk menggapainya. Seringkali kita kecewa dan menyalahkan diri sendiri dan menganggap hidup kita tidak sempurna maka hal inilah yang dapat memicu timbulnya perasaan insecure.
  • Kurang Percaya Diri 
Hal yang menyebabkan kurang pecaya diri umumnya adalah karena kecemasan sosial, perasaan kurang percaya diri muncul karena didasari rasa takut akan dievaluasi ataupun dinilai kurang oleh orang lain. Mungkin dari kita pernah mengalaminya, tiba-tiba rasa kurang percaya diri muncul ketika berada dalam situasi sosial seperti wawancara, presentase meeting hingga pertemuan keluarga. Akibat muncul rasa kurang percaya diri, kita secara perlahan pasti akan berusaha untuk menghindari situasi ini dan merasa insecure.
  • Enggan Keluar Dari Zona Nyaman
Selanjutnya adalah enggan keluar dari zona nyaman, hal ini bisa terjadi karena seseorang pernah memiliki pengalaman buruk seperti cotohnya penolakan, pengkhianatan, kegagalan dan hal buruk lainnya yang dapat memicu munculnya rasa ketakutan dalam diri sesorang tersebut. Hal itulah yang membuat mereka tidak mau ambil resiko dan memilih berada dalam zona nyaman. Namun sebetulnya itu adalah keputusan yang salah karena dalam hidup ada kalanya kita harus berani untuk mengambil resiko untuk mencapai suatu perubahan, ketika kita berada dalam zona nyaman maka kita tidak akan bisa mengembangkan diri kita untuk menjadi lebih baiik lagi. 
  • Selalu Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Yang terakhir adalah selalu membandingkan diri dengan orang lain. Sebetulnya dalam kategori ini ada dua hal yang bisa kita simpulkan, yang pertama hal positifnya adalah membandingkan diri dengan orang lain untuk memicu semangat atau motivasi agar bisa lebih baik dari orang tersebut dan hal negatifnya adalah bagi mereka yang merasa insecure dengan selalu membandingkan diri dengan orang lain akan menambah tingkat ketidakpercayaan diri mereka hingga menyebabkan mereka selalu memandang diri sendiri lebih rendah dan cenderung minder.  

Nah, itulah 5 Sebab Terjadinya Insecure meski tergolong normal tapi perasaan insecure jangan dianggap sepele dan dibiarkn begitu saja ya, karena dapat berdampak buruk bagi kehidupan sosial serta kesehatan mental. Lalu bagaimana cara mengatasinya ???,.. Kita akan bahas di artikel selanjutnya yakni Tips Mengatasi Rasa Insecure.  Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat..  

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming