Cara Membuat Desinfektan Sendiri



udah hampir 7 bulan lebih kita berada dalam kondisi pandemi akibat Virus Corona atau Covid-19. Virus yang awal mula muncul di kota Wuhan ini telah menyebar ke seluruh Dunia dan telah merenggut banyak nyawa. Hingga saat ini banyak Negara-Negara yang melakukan berbagai usaha agar bisa memulihkan ekonomi mereka meskipun pandemi dari Covid-19 ini masih belum berakhir. Melemahnya ekonomi ini disebabkan oleh keterpaksaan yang harus dilakukan agar memutus rantai penyebaran dari covid-19 seperti contohnya dengan menutup kawasan bandara hingga pelabuhan, otomatis pendapatan negara akan menurun belum lagi ada beberapa Negara yang telah melakukan lockdown.

Sebagai bentuk upaya mencegah penularan virus ini ada beberapa hal yang memang harus kita lakukan diantaranya ialah menjaga jarak, memakai masker ketika berpergian keluar, menjauhi kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, memakai handsanitazer, dan menyemprotkan desinfektan. Dari beberapa hal tersebut, disini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara membuat desinfektan sendiri, karena penyemprotan desinfektan ini harus dilakukan sesering mungkin minimal setiap hari sekali apalagi seperti toko, perkantoran, restoran dsb. Ada juga beberapa perusahaan yang menawaran jasa penyemprotan bahkan menjual cairannya, namun hal ini tentu akan memakan biaya yang tidak sedikit. 

" Apa sih desinfektan itu ?"

Desinfektan merupakan bahan kimia berupa cairan yang dibuat dan digunakan untuk menghambat atau membunuh mikroorganisme seperti bakteri, virus dan jamur kecuali, spora bakteri. Sementara itu cara penggunaan desinfektan ialah dengan menyemprotkannya ke permukaan benda mati seperti lantai, dinding, ruangan dll. Perlu kita ingat bahwa desinfektan ini tidak boleh kita semprotkan ke kulit maupun selaput lendir, karena beresiko akan mengiritasi kulit dan memicu kanker. 

" Lalu bagaimana cara membuat desinfektan ?"

Sesuai materi yang akan kita bahas jadi disini kita akan membuat desinfektan sendiri yang tentunya cara ini juga merupakan salah satu yang digunakan banyak orang. Sebetulnya ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat desinfektan sendiri, namun kali ini saya akan memilih cara membuat desinfektan dari bahan (cairan) pemutih.

Bahan yang harus kita siapkan :
  • Cairan pemutih 95 ml
  • Botol spray/semprot
  • Air 905 ml
Cara membuatnya :
  • Sebelum mencampur cairan pemutih gunakanlah sarung rangan terlebih dahulu karena seperti yang kita tahu kalau cairan pemutih ini bersifat kaustik sehingga dapat mengiritasi kulit. 
  • Masukkan air dan cairan pemutih ke dalam botol spray, kocok kuat-kuat. Tunggulah sebentar karena campuran air dan cairan pemutih ini akan menghasilkan larutan 1000ml atau 1 liter.
  • Semprotkan ke benda yang ingin disemprot desinfektan, tunggulah beberapa menit seteah itu lap dengan kain. 
Oh ya ketika sedang melakukan pembuatan desinfetan diatas pastikan kita berada diruangan yang terbuka ya jangan berada di ruangan tertutup karena cairan pemutih dapat mengeluaran uap atau zat beracun yang berbahaya untuk tubuh. Dan jangan lupa berhati-hati ketika melakukan penyemprotan apabila tak sengaja terkena kulit segera cuci dengan air atau lap dengan kain yang lembab. J
auhkan dari jangkaun anak-anak dan disarankan buatlah desinfektan baru setiap hari. Oke itulah tutorial cara membuat desinfektan sendiri yang berbahan dari cairan pemutih, next mungkin kita akan bahas juga dari bahan-bahan lainnya. Terima kasih semiga bermanfaat bisa segera di praktekan dirumah. 

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming