Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan


Kunyit atau kunir memang terkenal kaya akan manfaat selain digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, kunyit juga sering digunakan sebagai bahan dasar jamu juga kecantikan. Tanaman yang termasuk kategori rempah ini merupakan asli dan tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara. Kunyit terbagi menjadi 2 jenis yakni ada kunyit kuning dan ada kunyit yang berwarna putih. Beberapa waktu yang lalu ketika sedang ramai penyebaran covid-19 banyak orang yang berbondong-bondong mencari rempah untuk dijadikan obat dan salah satunya adalah kunyit. Sebetulnya apa saja sih manfaatnya ? Yuk kita bahas dalam artikel kali ini.  
Banyak sekali kandungan dalam kunyit yang bermanfaat bagi tubuh seperti : kandungan vitamin c, antioksidan , zat besi, zat kurkumin, pati, resim, bisdesmetoksikurkumin, protein, lemak, karbohidrat, selulosa, kalsium, minyak atsiri, zat pahit hingga kandungan sesmetoksikumin. Maka dari itu dengan banyaknya kandungan yang terdapat pada kunyit, alangkah baiknya jika kita mengkonsumsi kunyit setiap hari secara rutin dan tentunya harus sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan :

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kandungan zat kurkumin yang terdapat dalam kunyit akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang artinya zat tersebut akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh untuk melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.  Selain itu, zat kataral yang terdapat dalam air kunyit juga dapat membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Maka dari itu saya menganjurkan agar kita rutin untuk mengkonsumsinya dan tentu harus sesuai takaran. Oh ya dalam 1 ( satu ) butir kunyit terdapat 200 mg kandungan zat kurkumin. 
  • Mengatasi Perut Kembung
Kandungan zat kurkumin tidak hanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh saja, namun dengan mengkonsumi air kunyit maka kandungan zat kurkumin akan meresap kedalam aliran darah dan mengurangi tekanan dalam perut. 
  • Obat Alergi
Kandungan bisdesmetoksikurkumin dan kurkumin yang terdapat dalam kunyit berfungsi sebagai senyawa anti alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal pada tubuh. Alergi pada kulit dapat terjadi akibat adanya zat histamin dan protein yang berlebih, sedangkan dengan adanya dua kandungan ( bisdesmetoksikurkumin dan kurkumin ) tersebut akan menghambat aktivitas protein yang berlebih dan mecegah lepasnya zat histamin pada tubuh. 
  • Mengobati Maag
Kurkumin yang terdapat dalam kunyit juga dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan maka dari itu apabila kita sering mengalami sakit maag sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air kunyit secara rutin. Karena dengan mengkonsumi air kunyit akan membantu mencegah kambuhnya gejala maag. 
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
Bagi kamu yang sedang menjalani program diet cobalah untuk rutin meminum larutan air kunyit dan campur dengan asam jawa. Mengkonsumsi air kunyit secara rutin akan membantu menurunkan berat badan dan juga menjaga bentuk tubuh,
  • Meningkatkan Kesehatan Kulit
Selanjutnya manfaat kunyit untuk kecantikan nih, bagi wanita yang ingin kulitnya cerah, bercahaya, awet muda dan sehat, kamu bisa minum air kunyit setiap hari karena kandungan antioksidan yang ada pada kunyit dapat menghambat aktivitas radikal bebas penyebab penuaan kulit. 

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan, sebenarnya ada beberapa manfaat kunyit yang belum saya jelaskan diantaranya ialah mencegah penyebaran dan mengobati kanker, dapat dijadikan penawar racun, melancarkan pencernaan, menangkal bakteri jahat, menstabilkan gula darah, meredakan peradangan dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, namun jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai takaran yang tepat apabila ingin mengkonsumsi air kunyit secara rutin, guna menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Terima kasih,,,

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming