Membuat Handsanitizer Alami Dari Daun Sirih

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar dapat menekan angka kematian akibat virus corona, salah satunya adalah dengan selalu menghimbau masyarakat agar terus menggunakan masker ( standart medis ), social distancing, mencuci tangan hingga menyemprotkan desinfektan. Tepat pada tanggal 14 September yang lalu DKI Jakarta telah menerapkan PSBB kembali, itu artinya kasus pertumbuhan pasien akibat covid-19 di Indonesia bisa terbilang masih tinggi. Entah apa penyebabnya yang pasti kita dituntut untuk merubah pola hidup yang lebih sehat agar terhindar dari penyebaran virus tersebut. 
Ada beberapa pola hidup yang harus kita terapkan saat ini yakni mulai dari menguhindari keramaian, menggunakan masker jika bepergian, mencuci tangan, selalu menggunakan handsanitizer, dan menjaga jarak. Tak lupa juga penyemprotan desinfektan yang harus rutin dilakukan guna menghambat atau membunuh pertumbuhan virus dan itu sudah kita bahas beberapa waktu yang lalu dalam artikel cara pembuatan desinfektan sendiri. Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi ke teman-teman blogger tentang bagaimana cara membuat handsanitizer alami dari daun sirih. 

Sebelum masuk tutorialnya sedikit saya kasih penjelasan dulu nih tentang daun sirih dan manfaatnya. Daun sirih merupakan tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh merambat pada batang pohon lain. Mungkin waktu kecil kita pernah melihat orang dulu sering mengunyah daun sirih yang dicampur dengan tembakau, pinang, kapur dan gambir. Sementara itu daun sirih juga mengandung segudang manfaat bagi kesehatan yang diantaranya ialah dapat mengobati batuk, sariawan, keputihan, sakit gigi, bau mulut, mimisan, gusi bengkak, luka bakar dan masih banyak lagi. Karena minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang, seskuiterpan, diatase, pati, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya untuk mematikan kuman, anti jamur, antioksida dan fungisida. 

Oleh karena itulah daun sirih dijadikan sebagai salah satu bahan alami untuk membuat hansanitizer, sebenarnya ada beberapa bahan alami lainnya seperti lidah buaya, daun kemangi, lemon dll. Oke kita mulai proses pembuatannya ya, kita siapkan beberapa alat terlebih dahulu yakni botol spray dan gelas ukur. Selanjutnya siapkan bahan-bahan seperti daun sirih, air, dan air jeruk nipis. 

Proses Pembuatan Handsanitizer :
  • Cuci daun sirih hingga bersih lalu keringkan
  • Potong daun sirih menjadi kecil-kecil
  • Siapkan panci yang berisi air 150-200 ml
  • Kemudian timbang daun sirih 50g lalu tuangkan ke dalam panci yang berisi air
  • Panaskan pada suhu 90 derajat selama 15-30 menit
  • Jika sudah, silahkan dinginkan rebusan daun sirihnya kemudian saring ke dalam gelas ukur
  • Tuangkan air daun sirih 15 persen, lalu tambahkan air jeruk nipis 8ml
  • Tambahkan air secukupnya setelah itu di aduk
  • Tuangkan ke dalam botol spray
  • Handsanitizer dari daun sirih siap digunakan.
Nah, itu tadi adalah proses pembuatan handsanitizer dari daun sirih cukup mudah kan. Tunggu apalagi membuat handsanitizer sendiri akan lebih mengurangi pengeluaran kita dibandingkan harus beli xixixixi. Oke semoga bermanfaat terima kasih telah berkunjung ke blog saya, jangan lupa share postingan artikel ini ya.. 

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming