Tips Mengatasi Rasa Insecure


 Hai... balik lagi ini bersama admin, melanjutkan pembahasan kemarin nih teman-teman yaitu mengenai penyebab insecure yang artikelnya bisa kalian baca di postingan ini 5 sebab terjadinya insecure. Dan pada perjumpaan kali ini saya akan berbagi tips cara mengatasi rasa insecure, kira-kira seperti apasih caranya? yuk simak penjelasan berikut ini.

Oke teman-teman untuk mengingatkan kembali ya, bahwa insecure adalah sebutan atau istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman/tidak nyaman sehingga membuat kita merasa gelisah, malu, takut hingga kehilangan percaya diri, dalam pembahasan kemarin saya telah menyebutkan ada 5 penyebab kenapa insecure bisa terjadi yakni karena menjadi sasaran/korban bullyng, memliki sifat yang terlalu perfeksionis, kurang percaya diri, enggan keluar dari zona nyaman dan selalu membandingkan diri dengan orang lain, jika perasaan insecure dibiarkan saja maka akibatnya bisa fatal. Nah, lalu bagaimana cara mengatasinya ?? yuk langsung aja baca dibawah ini

Tips Mengatasi Rasa Insecure


  • Selalu Berpikir Positif
Hidup memang tak selalu luput dari masalah, setiap orang pasti pernah mengalaminya. Roda kehidupan yang selalu berputar membuat kita belajar banyak hal, ada kalanya kita merasakan kebahagiaan dan ada juga perasaan sedih karena hidup selalu diterpa masalah. Dari sinilah terdapat dua cara yang membedakan ketika seseorang dalam menghadapi masalahnya, ada yang terus menerus menyalahkan diri sendiri hingga menjadi stress dan ada pula yang terlihat santai ketika menghadapi masalah. Jika kita selalu berusaha untuk berpikir positif maka itu dapat meminimalisir munculnya perasaan insecure, namun sebaliknya jika kita terkekang dalam perasaan sedih dan stress rasa insecure akan muncul dan terus membayangi kita. Maka dari itu cobalah untuk selalu berpikir positif dalam situasi apapun.
  • Hindari Orang-Orang Yang Membuatmu Insecure
Terkadang ada baiknya juga kita menjauhi orang-orang yang membuat kita insecure, mengingat bahwa lingkungan sosial merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap munculnya perasaan insecure. Mengapa demikian ? dalam berkehidupan sosial tentu kita semua pernah menerima celaan, bullyng, kritik yang tidak membangun bahkan hingga komentar negatif, itulah mengapa ketika kita menerima hal - hal tersebut alangkah baiknya kita untuk menjauhi mereka, carilah lingkungan sosial yang baru dan yang bisa membuatmu nyaman.

  • Lakukan Hal Yang Membuatmu Bahagia
Tips selanjutnya adalah fokus untuk melakukan suatu hal yang bisa membuat kita bahagia, sebagai contoh untuk mengusir rasa insecure adalah dengan mengisi waktu luang dengan hobi atau bisa dengan  berolahraga, memanjakan diri dengan pijat spa atau dengan hal-hal lain yang sifatnya positif dan membangun. 
  • Berhenti Membandingkan Diri Dengan Orang Lain
Salah satu hal yang sering saya temui adalah banyak orang yang selalu membandingkan-bandingan dirinya dengan orang lain., hal ini justru dapat memicu tumbuhnya perasaan insecure. Apalagi dijaman tekonologi dan internet, maraknya penggunaan media sosial kita dapat melihat banyak sekali hal yang terjadi pada hidup orang lain yang terkadang membuat kita berpikir bahwa sulit sekali apabila kita ingin seperti mereka. Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu membangun rasa syukur dengan apa yang kita miliki dan membiasakannya setiap hari. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jika hal-hal diatas dirasa kurang berhasil maka ada satu tips lagi yang bisa kita lakukan yakni cari bantuan atau cobalah datang ke psikolog untuk berkonsultasi dan mencari penyebab asal insecure yang kerap kali ita rasakan. Demikian informasi terkait tips mengatasi rasa insecure versi admin semoga bermanfaat, terima kasih. 

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming