Tips Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula



Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk dibudidayakan, anggapan ini tentunya tak terlepas karena ikan jenis lele ini termasuk ikan yang tidak terlalu sulit dalam hal perawatan, maka budidaya lele bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan tidak bisa dianggap remeh. Terlebih lagi jika kamu mengetahui tips dan cara budidaya ikan lele yang baik dan benar. Jika kamu memang ingin bergelut di bidang ini, tips dan cara ini sangat cocok untuk kamu yang masih baru soal ternak ikan lele

Dalam membudidayakan lele tentunya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui, sehingga budidaya ikan lele kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah hal-hal penting dalam budidaya ikan lele yang harus kita perhatikan ketika bertekad menjalankan bisnis budidaya ikan lele.

Pemilihan bibit lele 

Hal utama yang perlu kita perhatikan dalam budidaya ikan lele adalah pemilihan bibit ikan lele. Bibit merupakan sesuatu yang penting dan akan mempengaruhi hasil panen kita saat waktunya panen. Titik ini akan berpengaruh pada kualitas ikan, kesehatan atau daya tahan ikan hingga perkembangan ikan nantinya. Pastikan kita mendapatkan bibit kualitas unggulan karena tidak semua ikan memiliki daya kembang dan daya tahan tubuh yang baik saat berada di dalam kolam. Kita juga bisa membeli bibit ikan lele dari tempat pembudidayaan lele yang resmi dan bersertifikat sebisa mungkin membeli bibit di tempat pembibitan yang memang sudah mengantongi izin resmi dan bersertifikat alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah profesionalitas karena jika perusahaan pembibitan yang serius pastinya akan memiliki izin resmi sebagai legalitas mereka dan merupakan bukti keseriusan mereka. 

Dalam memilih bibit perhatikan gerakan bibit ikan

Saat kita mencari bibit ikan lele yang berkualitas, tentunya terdapat tanda-tanda fisik pada bibit seperti bentuk tubuh yang sehat dan gerakan fisik yang gesit yang mengindikasikan kesehatan dan kualitasnya. pastikan bibit yang kita pilih benar-benar baik dan tidak cacat, warna sungut lele tidak pucat, tidak mengambang dan bergerombol.

Perhatikan ukuran bibit 

Bibit yang baik cenderung memiliki ukuran yang seragam artinya perkembangan bibit ikan antara satu dan yang lainnya rata jika ukuran tidak seragam misalnya ada yang ukuran besar dan yang lainnya agak kecil maka termasuk kurang baik jika digunakan sebagai bibit maka yang perkembangannya cepat akan menguasai kolam detakan dan yang kecil akan semakin terhambat bisa juga yang kecil ini termasuk bibit yang kurang berkualitas dan nantinya akan merugikan kita.

Menentukan ukuran kolam dan kapasitas jumlah ikan 

Hal lain yang perlu kita perhatikan dalam budidaya ikan lele adalah memperhatikan jumlah ikan atau bibit dalam tiap kolamnya gunakanlah perbandingan saat mengisi bibit ikan lele didalam kolam, perbandingan ini sangat penting untuk perkembangan ikan lele jika anda kurang jeli dalam perhitungan ini maka bibit akan mati atau perkembangannya terhambat, misalnya memberikan terlalu banyak jumlah ikan pada tiap kolamnya untuk mempermudah dalam perbandingan pembudidayaan ikan lele Anda bisa mengambil ikan lele sebanyak 100 ekor per m2 luas lahan dengan tingkat kedalaman satu setengah meter.

Cukup jelaskan, maka jika kamu tertarik untuk budidaya ikan lele, kamu perlu memperhatikan hal-hal tersebut karena akan sangat berpengaruh pada hasil. Semoga bermanfaat..



                                                                                                           Sumber : youtube/tipspendidikan

Comments

Popular posts from this blog

BlueHost Review 2021: What's New In BlueHost? The Complete Overview With Pros & Cons

Ini Dia Bocoran Spesifikasi OnePlus Nord CE 3

Microsoft akan Berikan Fokus Perbaikan PC Gaming